Hari ini, sudah berapa kali Anda membuka website? Sebagian besar pasti akan menjawab lebih dari 10 kali. Iya kan? Mulai dari beberapa website sosial media seperti Facebook, Twitter, Instagram, website portal berita, hingga puluhan website e-commerce bagi penggemar belanja online. Tapi, sebenarnya berapa sih kira-kira jumlah website di seluruh dunia saat ini?

Tiba-tiba pertanyaan yang sedikit nyleneh itu muncul di benak saya. Meski nyleneh, namun karena dipenuhi dengan rasa penasaran, saya pun mencoba untuk mencari informasi ke sana ke mari. Hingga akhirnya saya menemukan jawabannya dari sebuah survey yang dilakukan oleh Netcraft, perusahaan penyedia layanan Internet yang berbasis di Bath, Inggris.

Dari Netcraft Web Server Survey, sebuah survei tentang jumlah website di dunia yang dilakukan oleh netcraft.com, didapati data bahwa pada tahun 2010 silam, jumlah website di dunia sebanyak 206.956.723. Angka tersebut naik menjadi 697.089.489 di tahun 2012. Kemudian melonjak tajam menjadi 968.882.453 pada tahun 2014 silam. Pada tahun 2017 ini tentu sudah lebih dari satu milyar ya? Berapapun angka pastinya, jumlah yang luar biasa tentunya. Iya nggak?

Jumlah Website di Tahun 2010
Jumlah Website di Tahun 2012
Jumlah Website di Tahun 2014
Jumlah Website di Tahun 2017?

Memang tak bisa dipungkiri, di zaman yang serba digital ini, mempunyai website seolah telah menjadi sebuah kebutuhan bagi siapa saja. Tak hanya dimiliki dan dibutuhkan oleh perusahaan, lembaga pemerintah, dan sekolah, kini website juga dimiliki secara pribadi oleh orang perorangan, yang sering kita kenal dengan istilah weblog atau blog.

Tujuan memiliki sebuah website pun bermacam-macam. Mulai dari promosi dan sarana mendapatkan penghasilan, sekedar iseng, ajang curhat, menyalurkan hobby, ingin berbagi, mendapatkan teman, belajar menulis, dan lain sebagainya. Maka tidaklah berlebihan, jika banyak pengamat yang memprediksikan bahwa masa depan internet berada pada website.

Well, namanya juga masa depan, mau tidak mau juga harus tetap diperjuangkan. Betul nggak? Nah, di tengah kemajuan teknologi yang sangat luar biasa akibat era globalisasi ini, siapa yang bisa mengambil peluang di masa depan, dialah yang akan menang. Sebaliknya, siapa yang lemah, dia akan kalah termakan zaman. Masih ingat kata-kata Bill Gates, pendiri Microsoft kan?

“Internet akan menyapu kita seperti sebuah gelombang pasang yang akan menenggelamkan setiap orang yang dilewatinya yang tidak siap untuk hidup dalam sebuah masyarakat informasi.”

Demikian juga dengan keberadaan website. Agar kita tidak tenggelam, kita harus bisa memanfaatkannya secara maksimal untuk mengambil keuntungan darinya. Tentunya, kita juga harus tau bagaimana cara pembuatan website itu sendiri, atau setidaknya kita punya kemauan untuk belajar tentang pembuatan website. Karena hal tersebut sangatlah penting dan akan sangat bermanfaat bagi kita yang tengah hidup di era perkembangan teknologi seperti sekarang ini.

Emang, apa saja sih keuntungannya

jika kita mau belajar membuat website?

Menjadi melek teknologi

Di era teknologi seperti sekarang ini, semua harus dilakukan dengan serba cepat. Begitu juga dengan informasi dan komunikasi data yang dapat dengan mudah kita peroleh lewat bantuan website. Dengan mengetahui ilmu tentang pembuatan website, itu berarti kita telah berupaya untuk menjadi pribadi yang melek teknologi.

Menuangkan kreativitas

Dengan belajar membuat website, kita bisa menuangkan kreativitas yang ada dalam diri kita. Berbagai bentuk kreasi yang kita punya, bisa kita masukkan ke dalam website tersebut sehingga tidak hanya menjadi konsumsi sendiri namun juga bisa mendatangkan keuntungan, baik bagi diri sendiri maupun orang lain.

Menambah keterampilan

Belajar membuat website juga akan menjadikan kita mampu memaksimalkan keterampilan yang akan menjadi nilai tambah tersendiri. Dan dengan keterampilan tersebut sudah pasti akan mendatangkan manfaat bagi pekerjaan kita ke depannya. Entah sebagai programmer, web designer, dan lain sebagainya.

Sumber penghasilan

Kemampuan kita membuat website juga bisa menjadi modal membuka lapangan pekerjaan sekaligus sebagai sumber penghasilan. Caranya, bisa dengan membuka jasa pembuatan website untuk perusahaan, portal berita, blog, katalog online, e-commerce dan lain-lain.

Lantas, bagaimana cara belajar membuat website?

Untuk belajar tentang pembuatan website, banyak sekali metode yang bisa kita tempuh. Namun, secara garis besar, metode-metode tersebut bisa dibedakan menjadi dua metode.

  • Belajar membuat website secara otodidak

Metode ini bisa kita lakukan dengan beberapa strategi. Beberapa di antaranya adalah dengan cara rajin membaca buku dan artikel-artikel di internet tentang langkah-langkah pembuatan website. Selain itu, kita juga bisa mononton video tutorial pembuatan website yang sudah banyak tersedia di Youtube untuk kemudian dipraktekkan sendiri. Belajar website secara otodidak ini memang lebih terasa memuaskan saat kita mendapatkan sebuah keberhasilan. Akan tetapi, di balik belajar pembuatan website secara otodidak ternyata juga menyimpan banyak kelemahannya.

Ya, belajar secara otodidak akan lebih membutuhkan waktu yang lama dibanding belajar secara formal. Bagaimana tidak, saat belajar secara otodidak, kita cenderung lebih banyak melakukan kesalahan dan kegagalan jika dibanding belajar dengan disertai sosok pembimbing.

Sehingga tak jarang, saat belajar otodidak kita mengalami stress akibat kesalahan yang terjadi berulang kali karena banyaknya istilah yang kurang dimengerti dalam petunjuk yang ada. Terlebih bahasa dalam pembuatan website adalah bahasa pemrograman yang lumayan susah jika dipahami oleh orang awam. Sebut saja, HTML, CSS, PHP, dan lain sebagainya.

  • Mengikuti kursus website

Mengikuti kursus website merupakan solusi jitu bagi siapa saja yang akan belajar membuat website secara efektif dan efisien. Dengan mengikuti kursus, selain pembelajarannya yang sistematis, kita juga langsung didampingi oleh instruktur saat melakukan praktek. Dengan ini, maka kita bisa meminimaslisir tingkat kesalahan serta kegagalan. Sehingga kita akan lebih cepat menguasai materi.

Saat ini tempat kursus website itu bisa dengan mudah kita temukan di tiap sudut kota. Meski begitu, kita tetap harus pandai dalam memilah dan memilih tempat kursus website yang tepat. Jangan sampai, banyaknya pilihan tempat kursus website justru membuat kita salah pilih.

Satu contoh saja, kita sudah diharuskan membayar biaya di muka, akan tetapi karena rendahnya mutu lembaga tersebut akibatnya kita tidak mendapatkan hasil dengan maksimal. Jika itu yang terjadi, tentu amat disayangkan, bukan?

Oleh karena itu sudah seharusnya kita bijak dalam pilah-pilih tempat kursus website, agar tidak merasa kecewa di kemudian hari. Nah, jika ditanya tentang tempat kursus website yang layak untuk direkomendasikan, maka DUMET School-lah jawabnya. Ya, dengan mengikuti salah satu program yang ditawarkannya, yaitu Kursus Web Master, maka kita akan bisa membuat website dari nol dengan mudah. Termasuk bagi kita yang tidak punya basic IT sekalipun.

kenapa harus memilih Dumet School?

Jadwal Fleksibel

Kita bebas memilih jam kursus, kapan saja sesuai dengan waktu luang yang kita miliki. Sehingga, hal tersebut tidak akan mengganggu aktivitas dan kesibukan kita sehari-hari.

Semi Private

Berapa pun jumlah muridnya, belajar di kelas tetap akan dimulai. Kita akan dibimbing step by step oleh Instruktur yang sudah berpengalaman, meskipun yang hadir hanya satu orang.

Sampai Bisa

Periode kursus tidak dibatasi oleh waktu. Kita akan terus dilatih sampai bisa. Meskipun kenyataannya, sebagian besar akan menyelesaikan kursusnya sesuai dengan estimasi waktunya, yaitu hanya dalam hitungan bulan saja.

Gratis Konsultasi

Setelah lulus, kita tetap akan mendapat support dari DUMET School seumur hidup. DUMET School juga berkomitmen untuk melayani konsultasi gratis selamanya bagi seluruh alumninya.

Biaya Terjangkau

Tersedia tiga pilihan paket Kursus Web Master, yaitu Premium, Pro, dan Ultimate dengan biaya yang terjangkau. Menariknya, biaya tersebut bisa dibayar secara cash maupun kredit.

setelah mendaftar Kursus Web Master,

kita akan mendapatkan beberapa fasilitas ini

  • 8 kelas pembelajaran yaitu HTML & CSS, Bootstrap, jQuery Plugin, Javascript & jQuery, Photoshop, PHP & MySQL, Object-oriented programming (OOP), dan PHP Framework
  • Akses untuk belajar di DUMET School sepuasnya sampai bisa dan memiliki hasil karya
  • Akses ke iLab (sistem pembelajaran yang bisa anda akses di manapun dan kapanpun)
  • Bisa reseat (mengulang kelas) sepuasnya
  • Disupport seumur hidup dan gratis konsultasi selamanya
  • Sertifikat Web Master dengan No. DIKNAS

Untuk informasi yang lebih lengkap tentang Kursus Web Master ini, silakan kunjungi website resminya di www.dumetschool.com ya? Atau bisa juga datang langsung ke Kantor DUMET School yang ada di beberapa lokasi berikut:

Kelapa Gading

Rukan Artha Gading Niaga Blok i – 23, Jalan Boulevard Artha Gading
Kelapa Gading, Jakarta Utara 14240
(Belakang Mall Artha Gading)
Telp: (021) 4585-0387

Grogol

Ruko Jalan Taman Daan Mogot Raya No. 23
Kel. Tanjung Duren Utara Kec. Grogol Petamburan, Jakarta Barat 11470
(Belakang Mall Citraland dan Kampus UNTAR II)
Telp: (021) 2941-1188

Tebet

Rukan Crown Palace Blok A no 12, Jl Prof Dr Soepomo no 231 (Samping Universitas Sahid). Kec. Tebet, Kel. Menteng Dalam
(± 1 Menit dari Tugu Pancoran)
Jakarta Selatan 12870
Telp: (021) 2298-3886

Srengseng

Ruko Permata Regensi Blok B – 18, Jalan Haji Kelik
Srengseng, Kebon Jeruk, Jakarta Barat 11630
(Depan Hutan Kota Srengseng)
Telp: (021) 5890-8355

Depok

Ruko Jalan Kartini Raya No. 53
Pancoran Mas, Depok 16436
(± 5 Menit dari Kantor Walikota Depok)
Telp: (021) 7720-7657

SMS/WA/Email

Kelapa Gading: 0851-0055-5666
Grogol: 0819-7555-666
Tebet: 0812-1999-9155
Srengseng: 0812-9933-3913
Depok: 0812-9393-3210
Email: info@dumetschool.com

Penutup

Membuat sebuah website memang bukan sekedar membuat media promosi online. Lebih dari itu, membuat website adalah membangun sebuah rumah untuk suatu bisnis. Melihat prospeknya di masa mendatang yang sangat cemerlang dan agar kita tidak tenggelam di tengah arus era digital yang begitu massif ini, maka mau tidak mau kita harus belajar tentang pembuatan website.

So, yuk belajar membuat website yang berkualitas, karena website-lah masa depan internet!